Sunday, October 7, 2012

Tes Kesehatan I dan Vaksin Cervarix I

Merasa sebagai pembawa thalassemia aku mulai menjelaskan sama mas tentang kondisi ini.. Dimana kita harus tes kesehatan. Tes Kesehatan yang ter-"genting" atau ter-"urgent" buat mas adalah Tes Thalassemia, supaya kami tau kondisi mas : pembawa atau engga. Jadi, kami berdua bisa jaga2 apa-apa yang harus kita upayakan supaya momongan kita nanti sehat..

Mas udah Tes Thalassemia tanggal 1 September 2012 kemarin, di RSUD daerah Sidoarjo (pake Askes tentunya) #supaya kita bisa hemaaat.. hehehe

Ini laporannya mas ke aku via bbm :

Di bbm mas bilang : "udah tes darah aku de.." (Makasih Masku)

Alhamdulillah hasilnya tes darahnya mas normal, ga ada pembawa Thalassemia.. :D


PS : maaf ya mas aku ga bisa nemenin tes darah.. Nanti tes darah komplitnya kita barengan yaa..

------------------------------------------------------------------------------------

Di Sidoarjo mas harus tes Thalassemia, aku juga di Bandar Lampung harus mulai melakukan rutinitas vaksin-vaksin pra-nikah..
Vaksin pertama yang aku lakuin adalah Vaksin Cervarix I (Tanggal 28 September 2012). Vaksinnya Alhamdulillah ga sakit asal pas disuntik jangan tegang yaa.. Setelah vaksin aku ga ada reaksi demam, cumaaa rasa lengan bagian atas sakit dan berattt banget, kayak abis angkat berattt.. (kebetulan aku suntiknya di lengan) Rasa sakit dan beratnya udah ilang koq hari minggu malem (aku suntik hari jum'at malem).. Vaksin Cervarix II bakal aku lakuin Tanggal 27 Oktober 2012 (sesuai perintah Dokter Elisa).. Harga Vaksin Cervarix ini di Apotik Kita : 800.000 IDR (Walaupun harganya cukup mahal boo, tapi vaksinasi ini buatku sama dengan investasi kesehatan)

Dr. Elysawati Shinta , Sp.OG
Spesialis Kebidanan dan Penyakit Kandungan

APOTIK KITA (Jam 17.00 - 21.00 Wib)
Jl. Teuku Umar No. 93
Bandar Lampung
Telp. 0721 - 701269

*Sekilas tentang info ttg Cervarix dan HPV: 

Vaksin Cervarix adalah vaksin yang ditujukan untuk pencegahan kanker serviks. Vaksin ini memberikan 100% perlindungan terhadap human papillomavirus (HPV) tipe 16 dan 18 yang terkait dengan lesi pra-kanker.  Cervarix juga memberikan perlindungan tambahan terhadap type HPV onkogenik yang lain yaitu tipe HPV 45, 31 dan 52. Di beberapa negara lain, pemberian vaksin HPV sudah dilakukan untuk remaja putri di sekolah. 

Kenapa Vaksin Cervarix itu penting? 
Karena Di Indonesia, kanker serviks merupakan kanker nomor satu yang paling umum diderita perempuan Indonesia (setelah kanker payudara)

Kapan Vaksinnya?
Jadwal vaksinasi untuk vaksin kanker serviks GSK terdiri dari 3 dosis, diberikan pada bulan ke-0, ke-1 dan ke-6. 
(jadi yang acara pernikahannya masi 7bulan lagi.. Ayo cepet2 ambil vaksin :D) Daripada terlanjur telat sebulan kayak aku.. hehehe

Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencegah :
1. Pemberian vaksin HPV untuk mencegah terjangkitnya virus tersebut (mumpung kita belum pernah melakukan hubungan intim, jadi bisa langsung vaksinnya tanpa perlu papsmear dulu)
2. Hindari hubungan seks dengan berganti pasangan (ini yg bener2 dipesenin sama Dokter Elisa, yg nyuntik aku kemarin : "bilang ke pasangannya, setia sama satu pasangan aja")
2. Memiliki pola hidup yang sehat dengan makan makanan yang bergizi guna meningkatkan kekebalan tubuh dan mengkonsumsi vitamin C, E, dan A.
3  Hindari berhubungan seks pada saat haid atau menstruasi
4. Rutin menjalani tes Pap Smear guna mendeteksi HPV
5. Memelihara kebersihan (karena dapat menular melalui closet di WC Umum)

Untuk referensi yang lebih lengkap bisa dicoba dibaca disini : 

No comments:

Post a Comment